You are here: Home › Action

Sub Menu

Bertindak

Keberhasilan bukan di alam rencana, melainkan berada di alam tindakan. Setelah kita memiliki persepsi yang benar tentang kehidupan, maka langkah selanjutnya adalah bertindak sesuai realita dalam pikiran. Bertindaklah meskipun Anda tidak tahu pasti apa yang harus dilakukan! Jika Anda tidak tahu, maka Anda akan menemukan orang yang tahu!
Adalah kekeliruan jika bertindak menunggu semuanya sempurna atau menunggu kepastian. Justru dengan bertindak kita bisa mengetahui kekurangan dan mempersempit ketidakpastian. Tapi yang pasti Tuhan telah membuat ketetapan yang universal dalam bentuk hukum Sebab-Akibat.
Jika kita bertindak penuh tanggung jawab, maka menempatkan kita sebagai Penyebab. Apapun dampaknya, tidak akan menyalahkan orang lain, karena semua atas pilihan kita. Berbeda dengan orang yang bertindak setengah-setengah atau tidak sepenuh hati, atau bahkan hanya sekedar ikut-ikutan, maka akan menempatkan dirinya sebagai akibat (korban) dan kegemarannya adalah menyalahkan orang lain dengan prinsip selalu mencari keuntungan pribadi.

Ada prinsip baku dalam dunia industri yang membuat Jepang menjadi negara maju, prinsip itu dikenal dengan Kaizen yang diperkanalkan oleh Deming yang berasal dari Amerika Serikat. Anehnya di negara asalnya konsep ini ditolak, akhirnya Deming pergi ke Jepang dan konsep ini diterima dengan baik. Deming membuat roda kualitas yang terus berputar untuk menciptakan perbaikan setiap waktu. Tiada hari tanpa perbaikan kualitas, itulah yang menjadi budaya industri di Jepang dengan sebutan Kaizen. Roda Deming, begitulah istilahnya, roda ini berputar dari :
  • pdcaRecanakan (Plan) yaitu keberhasilan segala sesuatu harus dimulai dari persiapan dan perencanaan yang baik dari setiap tahap pencapaiannya.
  • Lakukan (Do) yaitu pelaksanaan dari setiap tahap sesuai rencana.
  • Periksa (Check) yaitu pemantauan setiap pelaksanaan dengan pendataan yang akurat. Tujuannya agar bisa dievaluasi dan menemukan akar masalah jika terjadi penyimpangan hasil.
  • Tindakan (Action) yaitu tindakan yang harus diambil untuk memperbaiki proses atau menyelesaikan akar masalah.

Namun tidak berhenti sampai di situ saja, konsep ini disebut Roda karena harus kembali lagi ke tahap awal yaitu Rencanakan (Plan) langkah-langkah perbaikannya dengan persiapan dan perencanaan yang baik. Kemudian Lakukan (Do) sesuai tahap yang telah direncanakan, lalu Periksa (Check) kembali, dan ambil Tindakan (Action) jika ada yang harus diperbaiki. Begitulah berputar-putar hingga selalu terjadi perbaikan kualitas setiap waktu.
Inilah yang saya sebut dengan Bertindaklah meskipun Anda tidak tahu pasti apa yang harus dilakukan, karena dengan bertindak Anda akan tahu kekurangannya dan bisa membuat rencana perbaikan :
roda-pdca