You are here: Home › Mindset

Sub Menu

Persepsi

percepction-a
Persepsi adalah proses saat individu mengatur dan menginterpretasikan (menerjemahkan) kesan-kesan sensoris mereka guna memberikan arti bagi lingkungan mereka. Perilaku individu seringkali didasarkan pada persepsi mereka tentang kenyataan, bukan pada kenyataan itu sendiri. Segalanya belum memiliki arti, hingga kita bisa memaknainya sesuai prinsip-prinsip yang kita miliki.
Beranikah Anda merubah cara pandang? Sebagian kita segera berdebat jika ada perbedaan pendapat. Lebih melihat dari sudut pandang pribadi dibanding mencoba memahami persepsi orang lain. Seringkali kita marah dan emosi akibat tingkah teman-teman, atau tersinggung kerena ucapan yang menyakitkan, lalu berhari-hari membekas dalam ingatan.
Biasanya semua ini karena ketidakmampuan kita dalam pengendalian diri. Sungguh Anda tidak bisa merubah orang lain sebelum Anda merubah sudut pandang dan memahami serta mengerti pola pikir mereka.
Cobalah Anda lihat gambar disamping ini, apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Lalu saya melihat objek yang sama dan mengatakan kepada Anda bahwa saya melihat wajah seseorang dalam gambar itu. Bisakah Anda melihat apa yang saya lihat? Persepsi (sudut pandang) menentukan pola pikir. Dan pola pikir menentukan pilihan Anda dalam bertindak. Jika Anda sudah menemukannya, maka kita sepakat bahwa di gambar itu ada dua orang laki-laki bukan?
Begitulah masalah hidup yang kita hadapi, sebagian orang fokus pada apa yg ia lihat dan tidak mau melihat dari sudut pandang lainnya. Sesungguhnya kesulitan terbesar dalam menyelesaikan masalah terletak pada sikap kita terhadap masalah. Mulailah merubah sudut pandang dengan cara yang berbeda, terimalah saran dan kritikan orang lain, cobalah benahi kacamata Anda, sebab bisa jadi bukan tulisannya yang tidak jelas melainkan memang kacamata Anda yang salah.

perceptionPikiran kita tidak bisa membedakan antara "kenyataan" dengan "nampak sepertinya". Inilah yang membuat kebanyakan orang sulit memecahkan masalah karena yang ada dalam pikirannya adalah "seolah-olah" sulit, maka jadilah sulit! Cobalah Anda lihat gambar di samping, apakah diam atau bergerak? Saya setuju sebenarnya gambar ini adalah diam, tapi kenyataannya dalam penglihatan dan pikiran kita adalah bergerak. Inilah yang dimaksud "Perilaku individu seringkali didasarkan pada persepsi mereka tentang kenyataan, bukan pada kenyataan itu sendiri."

Persepsi menentukan cara pandang kita dalam memaknai setiap stimulus yang terjadi di luar kendali kita. Pilihannya apakah kita bereaksi spontan ataukah memiliki kebebasan untuk menentukan respon terbaik yang kita miliki dengan prinsip-prinsip kebaikan.