You are here: Home › artikel
  • DemeXeMuse says:02 Nov 2013
    nyasar kisini gara2 ini: http://htwins.net/scale2/ , pas liat sampe ukuran terkecil…
    Apa itu Quantum?
  • eko budhi says:27 Sep 2013
    Waaah kajiannya luar biasa bang.. memperkuat informasi tentang quantum ikhlas..…
    Energi Otak Manusia
  • Raudha says:28 Jul 2012
    Ajiibb bang !! like this notes
    Energi Otak Manusia
  • banghaq says:13 Apr 2012
    Dana yang ada di Kemenag dijadikan sukuk (sejenis obligasi) tapi dengan margin yang…
    Menjadi Pengusaha itu Mulia
  • miska says:14 Mar 2012
    dana haji yang di kemenag digulirkan kemana, Bang? makasih
    Menjadi Pengusaha itu Mulia

Change The Word

0 Sat 28, November 2015 in Inspirasi by banghaq

Jika Anda tidak bisa merubah dunia (world), Anda masih bisa merubah kata (word) yang digunakan untuk menilai kehidupan dunia ini. Saat kita mengalami situasi yang sulit dan tidak mampu menghindarinya, maka sangat bijak jika kita bisa melihatnya dari sudut yang berbeda, dengan pikiran yang berbeda, dan akhirnya dengan pengungkapan kata yang berbeda.


Di siang hari nan cerah, di trotoar jalan kota London duduk seorang pengemis tua yang buta karena penyakit mata yang dideritanya. Ia mengharap belas kasihan orang-orang yang berjalan dengan menulis di sobekan kardus, "Please help, I am Blind" (Mohon bantuan, aku buta).


Keberadaannya di trotoar tersebut tidak diperhatikan para pengguna jalan. Tentu karena mereka sangat sibuk dan belum tentu punya uang receh. Hingga ada wanita yang berjalan di depan pengemis dan melihat tulisan tersebut lalu menggantinya dengan kalimat "This Afternoon is Beautiful, But I Can't See It" (Siang ini begitu indah, sayang aku tidak bisa melihatnya).


Alhasil, dengan pemilihan kata-kata yang tepat mampu menggugah para pengguna jalan. So, jika Anda tidak bisa merubah dunia (world) maka Anda bisa merubah kata (word).


Apa benar hanya dengan merubah kata, kita bisa merubah dunia? Saya katakan YA! Paling tidak merubah dunia Anda. Bagaimana cara Anda melihat kehidupan Anda (persepsi) tercermin dalam pilihan kata-kata. Hingga akhirnya kata-kata ini berimbas pada kebiasaan yang Anda lakukan. Jadi, paling tidak dengan merubah kata-kata bisa merubah dunia Anda. 


Ambil contoh ketika Anda mengalami hari yang menjengkelkan karena macet di jalan. Di kantor sudah menanti setumpuk pekerjaan dan pastinya omelan pimpinan karena Anda datang terlambat. Gambarkan bagaimana perasaan Anda menghadapi situasi ini?


Nah kan, ketika Anda mencoba menggambarkannya, Anda mencari "kata-kata" yang tepat untuk mengungkapkan perasaan di imajinasi Anda. Bisa jadi Anda akan mengatakan "Waduh payah!! Kota macam apa ini. Macet setiap hari!" Atau mungkin, "Gilaaaa!! Pusing gue.. Mana kerjaan banyak, kejebak macet!" Dan sederet perasaan buruk lainnya.


Cobalah ambil nafas dan keluarkan perlahan-lahan, lalu pejamkan mata Anda sambil mengatakan, "Ini kan cuma contoh. Saya harus bisa melihat dari sudut yang berbeda, dari sisi baik yang belum bisa aku lihat. Ahha... Aku bisa mengerjakannya di dalam mobil. Sementara waktu berjalan, aku bisa delegasikan kepada rekan kerja agar setibanya aku di kantor semuanya tinggal approval saja."


Gambaran situasi macet yang pertama adalah mereka yang FOKUS pada MASALAH dan KENDALA. Hingga tidak nampak solusi yang terbuka lebar, yaitu Anda punya waktu luang mengerjakannya di dalam mobil. Berbeda dengan gambaran yang kedua, yaitu mereka yang melihat dari sisi baik dari setiap keadaan sehingga nampak jalan kemudahan.


So, mulailah melatih merubah kata (Change The Word) agar kehidupan Anda berubah!

Last Modified: Wed 14, December 2016
  • Visits: 517
  • (Current Rating 0.0/5 Stars) Total Votes: 0
  • 0 0

No Comments Yet...

Leave a reply


Contact Information

  • E-mail: info@banghaq.com
  • Address: Jl. Pangeran Arya Salingsingan - Blok Sidapurna No. 7
    Ds. Kasugengan Kidul Kec. Depok - Cirebon 45155