You are here: Home › artikel
  • DemeXeMuse says:02 Nov 2013
    nyasar kisini gara2 ini: http://htwins.net/scale2/ , pas liat sampe ukuran terkecil…
    Apa itu Quantum?
  • eko budhi says:27 Sep 2013
    Waaah kajiannya luar biasa bang.. memperkuat informasi tentang quantum ikhlas..…
    Energi Otak Manusia
  • Raudha says:28 Jul 2012
    Ajiibb bang !! like this notes
    Energi Otak Manusia
  • banghaq says:13 Apr 2012
    Dana yang ada di Kemenag dijadikan sukuk (sejenis obligasi) tapi dengan margin yang…
    Menjadi Pengusaha itu Mulia
  • miska says:14 Mar 2012
    dana haji yang di kemenag digulirkan kemana, Bang? makasih
    Menjadi Pengusaha itu Mulia

Ramadhan Bulan Peningkatan Qualitas

0 Fri 20, July 2012 in Motivasi by banghaq
Ramadhan bulan mulia dan penuh berkah, memberikan banyak makna bagi umat muslim di dunia. Bagi saya sendiri, Ramadhan memberikan makna :

  • Bulan peningkatan kualitas diri dan produktivitas
Ditandai dengan peningkatan kualitas diri melalui perubahan kebiasaan yang menaiki standar lebih tinggi :

    Peningkatan Emotional Quotient (Kecerdasan Emosional) melalui daya peka yang lebih tinggi terhadap setiap stimulus yang terjadi. Pada bulan ini setiap muslimin dan muslimat melatih dirinya untuk bisa menggunakan Kesadarannya dalam merespon setiap kejadian. Mereka harus bisa mengakui bahwa setiap tindakan adalah pilihannya secara sadar, bukan karena keterpaksaan ataupun dorongan orang lain, apalagi syaitan. Lebih peka terhadap sosial ditandai dengan semakin meningkatnya kesadaran untuk saling memberi dan berbagi. Dan juga lebih meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, ditandai dengan saling menghargai, semakin banyak diam (menahan diri dari pembicaraan yang tidak penting) dan menahan diri dengan kesabaran jika terjadi perbedaan pendapat.

    Peningkatan Phisycal Quotient (Kecerdasan Fisik) melalui pola makan yang lebih teratur akan menciptakan metabolisme tubuh berjalan lebih baik, berkurangnya suply makanan kepada bakteri dan kuman di dalam tubuh, meningkatkan sel darah putih sebagai daya tahan tubuh, meningkatkan fungsi organ tubuh dengan cara merangsang pertumbuhan sel-sel baru.

    Peningkatan Intelligence Quotient (Kecerdasan Intelektual) melalui semakin seringnya mendengarkan pengkajian, bertambahnya wawasan dan keilmuan, meningkatnya kemampuan berbahasa dengan semakin sering membaca Al-Quran, dan lebih kecenderungan untuk meningkatkan logika dalam hukum sebab-akibat.

    Peningkatan Spiritual Quotient (Kecerdasan Spiritual) melalui peningkatan ibadah dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melatih kebiasaan bangun malam saat sahur, sehingga selama satu bulan diharapkan terbiasa untuk melakukan ibadah sholat malam (tahajud) sebagai sarana pedekatan dan muhasabah diri.

  • Bulan transformasi perubahan menuju kehidupan yang lebih baik
Selama satu bulan penuh kita melakukan perubahan kebiasaan, dan pada tujuannya adalah menjadikan kita sebagai Insan Mutaqin selepas Ramadhan, dan sebagai bekal kehidupan yang lebih baik di masa depan mencapai ke-Fitrahan. 

Semoga kita bisa memanfaatkan sebaik-baiknya bulan Ramadhan tahun ini untuk bekal peningkatan kualitas diri dalam kehidupan di tahun-tahun berikutnya.

Wallahu A'lam Bishowab
Last Modified: Fri 20, July 2012
  • Visits: 1291
  • (Current Rating 0.0/5 Stars) Total Votes: 0
  • 0 0

No Comments Yet...

Leave a reply


Contact Information

  • E-mail: info@banghaq.com
  • Address: Jl. Pangeran Arya Salingsingan - Blok Sidapurna No. 7
    Ds. Kasugengan Kidul Kec. Depok - Cirebon 45155